WAFATNYA EYANG ATAU EYANG BUYUT SUMARMI SUCITRO

Rr. Sumarmi bin Martodipuro atau sering kami panggil dengan mbah yayi atau eyangyut adalah  sosok pribadi yang menyenangkan. Beliau lucu dan selalu lincah baik dalam bekerja maupun berjalan. Kalau kita berjalannya lambat, selalu beliau bilang : "ayo..rikat..rikat" yang artinya "ayo cepat..cepat".....hehehe. Geli deh kalo mengingat itu dikala aku ikut mbah yayi pergi belanja ke pasar di magelang.

Beliau juga rajin beribadah sholat wajib lima waktu dan berpuasa. Yang saya sangat takjub dan kagum dengan beliau adalah setiap hari "weton" anak dan cucunya selalu disempatkan untuk dipuasain. Doa beliau agar anak dan cucunya dapat selamat. Dan beliau juga akan membuat "among-among" yang sifatnya untuk memperingati weton anak cucunya saja, tidak ada maksud lain.

Ketika aku pulang dari kantor sore hari habis lembur, tepatnya minggu sore tangal 16 April 2006 aku mendapat telepon dari ibu (Kartini) kalo mbah yayi telah tiada, wafat dengan tenang. Hati ini rasanya trenyuh namun aku harus mengikhlaskan kepergian beliau agar dapat lancar dalam menghadap Allah SWT. Langsung aku menghubungi om Tities (Putra ketiga dari mbah yayi) dan mangajak beliau untuk segera pergi ke Semarang.

Tepat jam 07.30 habis sholat Isya aku dan dik wiwin berangkat dengan mobil untuk menjemput om tities dan tante saanah di Rawalumbu Bekasi dan bergegas pergi ke Semarang.Sebelum berangkat dari kediaman om tities, temen2 gereja om tities berkumpul dan berdoa bersama di rumah yang intinya mendoakan mbah yayi dan keselamatan kita dalam perjalanan

Alhamdulillah perjalanan ke Semarang dapat berjalan dengan lancar. Kami tiba malam hari menjelang fajar (lupa jamnya). Sempat hujan lebat saat didaerah indramayu namun segera mereda hujannya.

Melihat jenasah almarhumah mbah yayi, kembali trenyuh hati ini, Namun kembali aku harus mengikhlaskan kepergian beliau dialam kubur dan menghadap Allah SWT. Aku segera mendoakan beliau agar diampuni kegala kesalahan beliau dan diterima amalnya Amin.

Setelah dimandikan segera jenasah diberangkatkan ke Mesjid Al Iman Krapayk untuk di sholat jenasah dulu baru kemudian diberangkatkan ke makam Bergota Semarang dan makam beliau tepat disamping suami mbah yayi yaitu mbah kakung yang telah meninggal terlebih dahulu.

Selamat jalan mbah yayi, semoga mbah dapat tenang disana dan masuk surga yang telah dijanjikan oleh Allah SWT bagi umatnya yang beriman. Amin (Author : Edo)















Komentar

Postingan Populer