MOTIVASI

EDO ISKANDAR

Bekerja untuk menggapai rizkiNya dan nafkah utk keluarga,  merupakan salah satu ekspresi ibadah yang mulia, berbagai pilihan kerja halal yang bisa dilakukan seseorang , kemudian pertanyaan yang paling mendasar yang harus bisa di jawab adalah  ” Apa Motivasi Kita Mencari Rizki ?

Setidaknya ada 3 Tingkatan motivasi seseorang dalam bekerja, berbisnis atau mencari rizki :

Tingkatan 1 : MOTIVASI SPIRITUAL
Dorongan ini muncul karena kesadaran adanya hubungan dengan Allah swt, bukan hanya sekedar mendapatkan materi seperti dapat uang atau harga diri, tapi yg lebih tinggi lagi dari itu. Motivasi inilah yg membuat seseorang siap melakukan apapun dan berkorban apa saja asalkan Allah swt. ridho terhadapnya. Inilah motivasi tertinggi, al quwwah arruhiyyah.

Tingkatan 2 : MOTIVASI EMOSIONAL
Motivasi bekerja untuk mencari rizki, ada kalanya mendasari seseorang karena adanya dorongan emosi seperti ingin dihargai, dipandang, diapresiasi, tidak ingin dilecehkan, dihina dsb. inilah al quwwah al ma’nawiyyah.
Rasulullah SAW bersabda :“Sesung-guhnya perbuatan itu bergantung niatnya.”[HR Bukhari, Muslim]

Tingkatan 3 : MOTIVASI MATERI-FINANSIAL
Inilah dorongan kebanyakan orang. Cari uang, dapat profit/cuan, untuk sandang pangan papan dll. Intinya untuk memenuhi kebutuhan fisik ataupun naluri kehidupannya. Ini adalah Motivasi materi kebendaan, Al quwwah al madiyyah.
Rasulullah SAW bersabda :“Barang siapa menjadikan dunia sebagai obsesinya, Allah swt memecah belah urusannya, menjadikan kefakiran didepannya, dan dunia tidak datang kepadanya kecuali sebatas yang telah ditentukan baginya.”[HR Ahmad]

Jadi, Ada di level motivasi manakah kita bekerja dan berbisnis ?

Ya Allah..... Ridhoilah langkah-langkah kami dalam mencari rizki-MU.

Komentar

Postingan Populer